Orang Sukses Mengelola Stres Begini Caranya

Melakukan pekerjaan dalam kondisi mengalami stres tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena Anda berusaha untuk tetap produktif walaupun pikiran anda sedang tidak nyaman dan berisi tentang hal yang tidak menyenangkan. Berbagai hal yang menyebabkan stress antara lain keuangan yang menipis, sedang bermasalah dengan pasangan, sampai masalah keluarga yang membebani pikiran. Setiap orang bisa saja menghadapi stres bahkan orang-orang sukses pun sudah pasti pernah mengalami stres sepanjang meraih suksesnya. Bedanya para orang sukses mengelola stres dengan cara yang cerdas. Jika anda mampu maka anda akan menjadi orang-orang yang pandai menyiasati stres dan tetap menuai kesuksesan dalam setiap usaha. Apabila saat ini anda sedang mengalami tekanan yang mengakibatkan stres, maka ada baiknya belajar berdamai dengan rasa tertekan dan tetap produktif dengan pekerjaan. Ingin tahu bagaimana cara orang sukses mengelola stres dan tetap produktif? Baca caranya dibawah!

Orang sukses mengelola stres dengan cara berbeda

orang sukses mengelola stres

1. Memanfaatkan teknologi

Bagi orang sukses teknologi canggih tidak hanya buat bergaya. Mereka pandai memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Ketika stres menghadiri orang sukses maka mereka paham bahwa teknologi dapat menjadikan pekerjaan mereka jadi lebih gampang. Orang sukses tidak akan mau repot-repot antri di bank untuk melakukan transaksi dan lebih memanfaatkan fasilitas internet banking untuk transaksi kapan pun dan di mana pun. Ada begitu banyak aplikasi dalam smartphone yang dapat diberdayakan untuk memudahkan pekerjaan anda.

2. Cerdas mengukur kapasitas diri

Jangan sungkan apalagi gengsi di saat anda membutuhkan bantuan supaya pekerjaan lain dapat selesai sesuai rencana. Anda bukan superhero yang mampu melakukan semuanya sendirian. Segesit apa pun anda tetap saja tidak akan efekti jika melakukan semua kegiatan lintas bidang sekaligus. Anda akan semakin tertekan ketika mengerjakan banyak hal hanya seorang diri saja. Minta bantuan orang lain yang ahli di bidangnya merupakan langkah cerdas untuk berbagi tanggung jawab. Dengan begitu maka anda akan mampu fokus mengerjakan pekerjaan anda saja sehingga seluruh pekerjaan bisa selesai dengan optimal.

3. Tahu bagaimana cara meluapkan stress

Menulis dapat dijadikan salah satu pelampiasan ketika stres. Walaupun pada sebagian besar orang akan sangat kesulitan membuat sebuah karya tulis ketika sedang stres. Tidak perlu dengan materi yang berat, cukup dengan jurnal harian di website pribadi bisa jadi salah satu pilihan.

orang sukses mengelola stres dengan cara berbeda

Ada banyak individu sukses yang memiliki kebiasaan untuk menuliskan artikel di website pribadi mereka. Bahkan ketika mereka mengalami kegagalan atau tekanan yang tengah dihadapi, mereka akan bagikan lewat tulisan. Berbagi beban melalui sebuah tulisan akan membuka suntikan semangat dari para pengunjung blog pribadi anda. Di sisi lain bagi mereka yang juga sedang mengalami stress kemudian membaca artikel anda akan menjadikan mereka kuat dan tidak merasa sendirian. Dengan begitu tanpa anda sadar anda akan mampu berdamai dengan masalah yang tengah mendera. Andapun akan menjadi orang sukses mengelola stres sekaligus membantu orang lain. Mungkin anda bisa menjadi kontributor artikel di website klinik hipnoterapi Jogja ini.

4. Jangan berhenti mempelajari hal baru

Orang yang terbuka dengan sesuatu yang baru akan menjadikan mereka lebih gampang menghadapi tantangan dan masalah. Karena itu terbukalah untuk mempelajari hal baru. Para pribadi yang sukses tidak pernah kapok untuk melakukan kegiatan yang akan menambah wawasan baru. Dengan banyak mempelajari hal baru maka mereka menjadi lebih kebal di saat menghadapi tantangan dan masalah. Itu dikarenakan mereka akan lebih mudah dalam menemukan jalan keluar yang lebih cepat untuk mengambil keputusan. Belajarlah dari mereka para orang sukses mengelola stress dengan tetap membuka diri terhadap wawasan baru kan?

5. Motivasi yang kuat untuk menata masa depan walaupun tertekan

Biasanya mereka yang memiliki motivasi kuat untuk sukses akan lebih pantang untuk menyerah manakala tengah menghadapi kesulitan. Tokoh terkenal seinspiratif Walt Disney pun pernah berada pada titik nadir pada hidupnya. Dibalik kesuksesannya dia pernah dipecat karena dinilai kurang kreatif hingga bisnis yang dijalankannya mengalami kebangkrutan. Namun seorang Walt mundur begitu saja. Motivasi yang sangat kuat untuk mencapai kesuksesan telah menjadikannya tidak segan untuk kembali berusaha.

Ketika Anda saat ini tengah bekerja dalam tekanan dan beban pikiran, sebenarnya anda hanya perlu memotivasi diri anda sendiri menjadi lebih kuat lagi. Apapun motivasi anda apakah untuk membahagiakan orangtua atau pasangan. Yang terpenting anda tetap harus punya alasan untuk terus berjuang.

6. Tidak bekerja berlebihan

orang sukses mengelola stres

Ingat bahwa anda bukan mesin jadi pikiran dan hati pun butuh libur dari penatnya pekerjaan. Jangan membabi buta menghabiskan banyak waktu untuk bekerja ketika stres melanda karena dead line. Anda harus sadar bahwa sebenarnya yang anda butuhkan sekarang adalah sedikit waktu luang untuk memanjakan pikiran dan hati anda. Luangkan waktu anda untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat. Dengan begitu energi akan kembali terisi. Bekerja secara berlebihan pada kondisi stres justru hanya akan menghambat produktivitas anda.

7. Berusaha untuk senantiasa rileks

Keputusan yang di ambil dalam keadaan panik umumnya tidak akan menghasilkan hal yang optimal. Orang sukses akan berusaha mencari jalan keluar pada saat hatinya sudah tenang. Berikan ruang untuk diri anda sendiri supaya rileks terlebih dahulu. Seringkali ketika anda stres, anda hanya butuh tidur siang, berjalan-jalan sebentar, atau menjalankan hobi lama sampai anda merasakan nyaman.

Ketika anda telah menjadi orang sukses mengelola stres maka kondisi stres tidak akan membuat anda berhenti berbuat yang produktif. Yang perlu anda perhatikan adalah anda wajib tahu ketika tubuh anda memperlihatkan tanda stres menyerang.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 13 =