Gejala Psikosomatis Secara Umum Untuk Diketahui

Psikosomatis atau somatisasi merupakan sebuah gangguan psikis yang kemudian bisa menyebabkan gangguan fisik. Dengan penjelasan lain, psikosomatik merupakan sebuah penyakit fisik yang sebelumnya diakibatkan oleh pikiran negatif dan atau masalah emosi pada seseorang. Yang di maksud dalam masalah emosi tersebut antara lain perasaan bersalah, merasa menderita penyakit, stress, depresi, kecewa, kecemasan yang berlebihan atau masalah emosi negatif lainnya. Dan ternyata tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami gangguan ini namun usia anak-anak juga dapat mengalaminya. Karena itu sangat perlu bagi kita untuk dapat tahu dan mampu mengamati gejala psikosomatis secara umum jika muncul pada keluarga atau orang terdekat kita.

Mungkin anda pernah mengetahui bahwa pikiran dapat mempengaruhi gejala fisik. Misalnya ketika seseorang merasakan takut atau cemas maka akan memacu detak jantung lebih cepat, jantung berdebar, merasa sakit, gemetar (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, dan bernafas cepat. Beberapa gejala fisik tersebut terjadi melalui saraf otak yang mengirim impuls tersebut ke beberapa bagian tubuh dan pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah.

Gejala psikosomatis secara umum yang biasanya muncul

gejala psikosomatis secara umum

Perut terasa sakit

Hilangnya nafsu makan, rasa mual, diare hingga muntah merupakan beberapa ciri yang umum di alami oleh penderita psikosomatis. Banyak dari mereka akan mengalami rasa sakit pada perut bagian atas, namun ketika diperiksa oleh dokter tidak ditemukan masalah yang berarti.

Kepala terasa sakit

Ketika seseorang merasakan kecemasan secara umum akan berdampak pada sisi emosional dan fisiknya. Inilah yang kemudian akan menyebabkan kepala terasa sakit hingga berulang-ulang.

Rasa panik berlebihan

Pada saat seseorang merasakan kecemasan dan kepanikan yang berlebihan biasanya akan mengalami berbagai gejala psikosomatis yang kompleks. Mengalami kesulitan bernafas, jantung berdetak kencang, rasa nyeri di dada, pusing dan berkeringat menjadi beberapa gejalanya. Individu yang mengalami gangguan panik seperti ini bisa berpotensi untuk mengalami agoraphobia. Yaitu sebuah ketakutan di tempat ramai karena tidak nyaman dengan serangan kepanikan.

Kelelahan

Mengalami tekanan yang kuat dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan yang amat sangat. Dalam kondisi selanjutnya dapat mengakibatkan seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi, gampang mengantuk bahkan pelupa.

Apabila ada seseorang di sekitar Anda yang mengalami gejala psikosomatis secara umum di atas kemudian memeriksakan diri ke dokter dan tidak ditemukan penyakit fisik, maka sebaiknya Anda mengunjungi biro psikologi untuk berkonsultasi. Melakukan hipnoterapi juga merupakan salah satu solusi untuk menyembuhkan psikosomatis. Psikosomatis bisa segera pulih ketika kondisi psikis Anda telah membaik.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =